Senin, 11 Desember 2017

KAMU TIPE STYLE FIGHTING ATLET YANG MANA

3 hal yang harus dimiliki seorang atlet adalah :

1. Fisik
2. Teknik
3. Sikap

Mengapa sikap itu penting ?

Sumber : koleksi pribadi F1 Club Taekwondo Malang
Bagi yang sering turun kejuaraan, tentunya pernah bertemu berbagai macam tipe atlet. Ada yang baru masuk lapangan, wajahnya terlihat sangat tegang, tapi ada juga yang masuk lapangan dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi, bahkan kadang berlebihan atau overconfident (males banget ga sih kalo ketemu yang kayak gini???).
Salah satu yang ikut berpengaruh ketika bertanding adalah mental atlet, dan bisa tercermin salah satunya pada sikap saat memasuki lapangan. Ketika seorang atlet memasuki lapangan dengan wajah tegang, mungkin karena atlet tersebut tidak siap atau tidak percaya diri. Sebaliknya, ketika seorang atlet memasuki lapangan dengan senyum mengejek, gaya sengak mungkin karena atlet tersebut terlalu percaya diri, meremehkan, dan merasa akan menang dengan mudah.

Sikap apapun yang di bawa ketika masuk lapangan, dapat digunakan dalam menyusun strategi oleh pihak lawan. Atlet yang underconfident, kemungkinan adalah atlet pemula sehingga jam terbang bertanding belum banyak, teknik yang dimiliki belum dikuasai dengan baik dan akan mudah diintimidasi lawan. Beberapa gertakan lawan akan membuyarkan konsentrasi dan kepanikan serta gerakan menjadi tidak terkontrol. 

Sebaliknya, atlet yang overconfident, kemungkinan jam terbangnya sudah banyak, dan sudah menguasai teknik dengan baik. Namun biasanya atlet yang overconfident, style fighting seperti banteng, suka nyeruduk. Jago attack tetapi beberapa lemah dalam counter. Tidak terlalu memikirkan strategi dan hanya mengikuti insting saja. Seringkali kita lihat dalam sebuah pertandingan, atlet yang seperti ini kalah, hanya karena hal sepele namun berakibat fatal. 

Sumber : koleksi pribadi F1Club Taekwondo Malang
Jadi, sikap yang seperti apa yang harus dimiliki seorang fighter?. Seorang fighter seharusnya memiliki sikap yang tenang, percaya diri, namun tidak berlebihan. Tidak pernah menganggap remeh lawan yang dihadapi dan selalu siap. Sikap yang seperti ini akan membuat lawan sulit membaca style fighting kita dan lawan tidak akan meremehkan kita. Jadi, jangan ragu bergabung dengan F1 Club Taekwondo Malang untuk melatih dan menemukan style kamu sendiri ...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar