Rabu, 06 Desember 2017

TAEKWONDO DAN KARATE

Taekwondo dan karate adalah dua beladiri yang sudah cukup lama populer di Indonesia. Keduanya merupakan beladiri yang berfokus di tangan dan kaki, namun berbeda fokusnya. Taekwondo lebih memfokuskan pada gerakan kaki / tendangan, sedangkan karate lebih berfokus pada gerakan tangan atau pukulan. Karate yang berasal dari Jepang banyak memberikan pengaruh pada perkembangan Taekwondo di Korea terutama pada Perang Dunia ke II dimana saat itu Jepang menduduki Korea.

Pada perkembangannya, Taekwondo lebih dikenal sebagai olahraga daripada seni beladiri. Berbagai macam tendangan, mulai dari tendangan biasa sampai dengan tendangan memutar membuat taekwondo juga banyak di gunakan dalam dunia hiburan (misal : Dede Yusuf, Willy Dozan, Marcellino Lefrand, Ari Wibowo, dll) dikarenakan keindahan gerakannya. Selain itu juga karena taekwondo sudah menjadi salah satu cabang olahraga resmi Olimpiade.

Dalam hal latihan karate lebih menekankan pada kekuatan fisik seperti push up, sit up, dll sehingga gerakan yang dihasilkan menjadi lebih kokoh. Sedangkan taekwondo, latihan lebih dinamis dan lebih menekankan pada kecepatan dan ketinggian jangkauan kaki. Latihan yang sering dilakukan seperti split, lari sprint dan step.

Baik karate maupun taekwondo keduanya merupakan olahraga beladiri yang baik bagi kesehatan tubuh, dan jika harus memilih diantara keduanya sebaiknya di sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing - masing. Dan jika dikombinasikan akan menghasilkan atlet yang hebat.

NB : Tulisan ini di buat tanpa ada maksud menjatuhkan pihak manapun, dan sepenuhnya berasal dari pengalaman pribadi penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar